-->

6 Tips Mengelola Keuangan yang Baik untuk Pemula

Apakah pengelolaan keuangan individu kamu sudah teratur? Apa kamu paham dan mengerti, berapakah nilai uang yang berada di dompet dan rekening kamu? Apakah sudah kamu mempunyai tabungan untuk hari esok atau investasi? 


Tentu kamu memerlukan beberapa tips mengelola keuangan yang baik. Hal ini memang sangat simpel, tapi efek luar biasa yang bisa ditimbulkan ketika kamu tidak mengetahui pengeluaran apa saja yang bisa terjadi, apalagi jika pengeluaran tersebut tidak dicatat dengan baik.


Mengurus keuangan individu secara baik akan membantumu lebih mudah dalam mengatur rencana keuangan pribadi. Pendapatan sebesar apa saja tidak pernah cukup penuhi keperluan bila kamu tidak paham langkah mengelola keuangan. Orang kaya sekali akan alami permasalahan keuangan bila tidak paham langkah mengelola keuangan individu secara baik.


Sebenarnya, mengurus keuangan adalah kunci baik dalam meraih keberhasilan keuangan. Ditambah dengan makin bertambahnya ongkos hidup tuntut kita untuk lebih pintar dalam mengelola keuangan supaya tidak terlilit hutang. 

Cara Menglola Keuangan Pribadi dengan Mudah
Tips Mengelola Keuangan untuk Pemula


Tips Mengelola Keuangan untuk Pribadi

Bagaimanakah cara mengelola keuangan dengan baik? tentunya banyak cara yang bsia dilakukan agar keuangan bisa teratur. Dengan tujuan pengeluaranyang tidak penting pun bisa ditahan.


Merencanakan Anggaran

Kamu harus membuat rencana prediksi pengeluaran dana atau ongkos hidup supaya keuangan kamu masih konstan. Sumber permasalahan khusus dari ini ialah masih berjalannya proses pengalihan seorang ke arah kedewasaan. Banyak angkatan kerja di bentang umur ini seringkali lupa diri akan pendapatan yang didapatkannya, dan seringkali menghabiskannya pada beberapa hal yang memiliki sifat stimulanif.


Menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan bagi kamu untuk mulai mengaplikasikan kedisiplinan dalam mengurus keuangan kamu. Ketahui dengan cermat perbedaan pendapatan dan tuntutan hidup kamu.


Prioritaskan untuk penuhi tuntutan hidup yang memiliki sifat primer lebih dulu, baru selanjutnya beberapa hal yang memiliki sifat sekunder sampai tersier. Tidak boleh juga gampang dipengaruhi dengan bermacam penawaran komersil di luaran sana saat sebelum kamu betul-betul menyortirnya dengan jeli. Kamu bisa manfaatkan bermacam tutorial dan aplikasi keuangan, baik manual atau terkomputasi, untuk memberikan dukungan pengendalian keuangan yang lebih bagus.

Menabung dan Deposito

Tabungan adalah poin utama yang perlu dipunyai dan disiapkan untuk seluruh orang tanpa kecuali. Karena bisa dipakai untuk bermacam hal seperti beli rumah, bayar kepentingan tidak tersangka, bencana dan sebagainya. Jangan sampai kelamaan terbuai dengan slogan menikmati masa muda.


Bila kamu terbuai dengan hal itu dan meremehkan tata urus keuangan untuk penuhi keinginan jiwa muda, karena itu bukan mustahil kamu akan kerap berasa tidak cukup hanya pendapatan yang kamu dapatkan. Untuk menghindar hal jelek itu, karena itu seharusnya selekasnya tabungkan beberapa pendapatan kamu, minimum 15% dari keseluruhan penghasilan ke rekening tabungan.


Bila ditanyakan apa manfaat dari menabung? Kamu akan merasakannya beberapa waktu yang akan datang paling tidak 1-2 tahun.  Selain itu jika kamu memiliki dana yang cukup besar, sebaiknya melakukan deposito di bank. Dengan mengetahui suku bunga deposito, maka secara tidak langsung kamu sudah berinvestasi untuk beberapa tahun kedepan.


Bayar Semua Hutang

Datalah utang kamu, baik utang langsung atau bill kartu credit, berurutan dari yang berbunga range tinggi sampai rendah. Di kehidupan sekarang ini, menghindar utang nyaris tidak mungkin karena biasanya beberapa orang susah untuk raih apa yang didambakannya secara cepat, sebagai contoh dalam pemilikan rumah, kendaraan, atau bahkan juga modal usaha.


Supaya kamu tidak terjerat dengan utang yang diambil, karena itu ketahui lebih berbentuk utang saat akan mengajukannya. Bila memungkinkan, ambil utang yang legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, sehingga bisa mengendalikan modal pembayaran yang sesuai kekuatan dan elastisitas kamu. Banyak bank dan instansi keuangan semacam yang mulai mengaplikasikan ini, ketahui hal itu mulai saat ini.

Kenali Keadaan Keuangan

Untuk poin yang satu ini sangat wajib dilakukan dalam mengetahui keadaan keuangan. Buat perincian penghasilan dan pengeluaranmu secara harian, lalu direkap bulanan. Dalam masalah ini, kamu harus stabil dalam menulis tiap penghasilan, tabungan, pengeluaran, dan hutang yang dipunyai.


Dengan mengenali keadaan keuangan dengan teratur, maka cashflow pun akan sedikit terlihat dan kamu bisa menahan saat ingin mengeluarkan uang untuk membeli barnag yang tidak terlalu penting.


Mengatur Pemasukan dan Pengeluaran

Sesudah ketahui keadaan keuanganmu, tidak susah untuk membuat rencana anggaran keuangan. Sepanjang wabah COVID-19, pengaturan anggaran keuanganmu bisa dilaksanakan dengan rekonsilasi pada besaran pendapatanmu sepanjang wabah. 


Kemudian, kamu bisa membuat data pengeluaran dan pemasukan untuk tuntutan hidup seperti keperluan makanan setiap hari, bayar hutang, dan bayar bill bulanan (listrik, air, atau ongkos sewa ruang tinggal). Upayakan tidak keluarkan isi dompetmu untuk pengeluaran yang kurang penting.


Menyiapkan Dana Darurat atau Dana Lain Lain

Hal yang ini jadi ulasan hangat belakangan ini. Seperti namanya, dana genting adalah simpanan yang bisa dipakai pada keadaan darurat atau menekan. Dana darurat bisa menjadi penolong di saat sakit, alami kecelakaan, berhenti bekerja, dan menahan kita dari hutang. 

Baiknya dana genting yang dipunyai jika kamu single ialah 3 - 6 kali lipat dari peng

eluaran bulananmu. Sedang, untuk yang telah berumah tangga, baiknya kamu mempunyai dana genting sejumlah 12 kali lipat dari pengeluaran bulananmu. Untuk mengumpulkannya kamu bisa menyisihkan upah, dan cari pekerjaan tambahan atau freelance. 


Periode waktu penghimpunan dana ini karakternya fleksibel pada tiap orang, maknanya tidak ada angka tentu dan tergantung pada loyalitas awalnya individu masing-masing. Bagi kalian yang sekarang tak mau kehilangan pendapatan, dapat manfaatkan dana darurat untuk memenuhi keperluan ongkos hidup sambil mencari sumber pendapatan baru. Atau bisa juga dengan bisnis online.

Cara Pengelolaan Keuangan
Cara Pengelolaan Keuangan


Kesimpulan


Nah itulah beberapa tips untuk mengelola keuangan pribadi yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menghadapi wabah ini kita harus pintar dalam menggunakan dana. Sehingga dana yang masuk dan keluar bisa seimbang. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel keuangan dan gaya hidup lainnya.


6 Tips Mengelola Keuangan yang Baik untuk Pemula