Kuasai Pasar dengan Strategi Digital Marketing di Era Digital


Rasa lelah sepulang kerja paling enak adalah menonton video. Video yang sering aku tonton adalah video yang membuat rasa lelahku hilang dan juga video yang dapat membuatku tertawa. Tentu saja aku membuka Youtube untuk mencari video-video tersebut.

Terkadang ada beberapa video yang ku tonton mempromosikan suatu produk dengan cara yang kocak dan seru seperti Yoga Arizona, Ria Ricis, Atta Halilintar, dan beberapa Youtuber lainnya. Itu pun sudah cukup membuatku bahagia.


Aku tahu bahwa hal tersebut adalah salah satu strategi digital marketing yang memanfaatkan sosial media. Saat ini, memang banyak sekali perusahaan yang beralih menggunakan cara pemasaran yang berbeda dan sesuai dengan generasi millenial atau generasi Z yang erat sekali dengan dunia digital.

Kebetulan aku juga seorang graphic designer yang memanfaatkan strategi digital marketing melalui instagram. Aku terjun ke digital marketing sejak tahun 2012 dan ternyata aku harus mengembangkan sayap dengan memasarkan produk desainku melalui Youtube deh supaya lebih efektif.


Digital Marketing

Jadi, digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran melalui media digital dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Twiter, Instagram, Google, dan Youtube. Mengapa beralih menggunakan digital marketing? Karena banyak sekali keuntungan yang akan didapat.


Setelah ku perhatikan dan membaca beberapa literatur, ada 3 keunggulan dari digital marketing yang sangat menguntungkan bagi perusahaan, diantaranya adalah :
  •          Murah
Pastinya dengan strategi digital marketing ini dapat menghemat budget atau biaya promosi perusahaan kawan, karena biayanya tergolong murah dibandingkan dengan mempromosikan melalui media televisi hehehe.
  •           Tepat Sasaran
Iya dong kawan, digital marketing akan tepat sasaran terhadap target market karena mampu menghubungkan produsen dan konsumen sesuai target melalui internet hanya dengan perangkat mobile kapanpun dan dimanapun.
  •           Efektif
Digital marketing mampu meningkatkan penjualan menjadi lebih tinggi dari pada pemasaran konvensional sehingga dinilai lebih efektif dan terukur. Selain itu, produsen juga bisa memberikan pelayanan secara real time.

Nah, dari 3 keuntungan diatas dapat kita lihat bahwa profit yang akan didapat oleh perusahaan semakin meningkat kawan. Ngomong-ngomong kenapa sih harus beralih ke digital marketing? Simak deh fakta berikut.


Dari survey diatas terlihat bahwa 67% pengguna internet cenderung menonton Youtube dibandingkan dengan menonton televisi yang hanya memiliki persentase 36%. Selain itu, pengguna internet saat ini juga sering menggunakan Netflix dan sosial media lainnya untuk melihat informasi maupun sekedar mengisi waktu luang.

Melihat fenomena tersebut, digital marketing sangat cocok diterapkan bukan? Dan saat ini di beberapa perusahaan sudah ada divisi khusus untuk posisi digital marketing. Lalu bagaimana cara termudah menguasai digital marketing?. 

Skill untuk Digital Marketing

Sebetulnya cara menguasai digital marketing itu sangat mudah kawan, akan tetapi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah research, service, dan analysis agar sesuai dengan target market dan berhasil dalam meningkatkan engagement konsumen. 


Poin penting dari digital marketing lainnya adalah sebuah konten, dan untuk membuat sebuah konten yang menarik, kita harus mengetahui berbagai macam kemampuan seperti designing, editing, SEO, dan kemampuan menulis artikel.

Nah, untuk membuat sebuah konten video Youtube, kita harus mengetahui cara dan teknik video editing yang super kece kawan. Misalnya dengan opening video yang menarik dan mampu memikat konsumen. Jadi, langkah-langkah mudah dalam pembuatan video pemasaran adalah :

  • Target : Setelah semua terkonsep, buatlah video yang sesuai dengan target market. Misalnya target untuk remaja jangan dibuat seperti video untuk orang tua, karena akan salah sasaran sehingga menurunkan minat konsumen. 
  • Konsep : Hal pertama yang harus diperhatikan adalah konsep kawan. Tentukan konsep yang akan dibuat sesuai dengan produk yang akan dipasarkan dan target pemasaran. Konsep yang menarik harus unik, kreatif, dan memikat. 
  • Editing : Langkah terakhir adalah editing, gunakan aplikasi video editing yang dikuasai dan buat video semenarik mungkin agar terkesan berkelas dan memiliki nilai jual, termasuk mengetahui cara membuat bumper opening  video.

Yuk! Belajar Video Editing

Sudah tau kan bagaimana cara membuat video pemasaran yang menarik? Yup, salah satu poin penting dari sebuah konten adalah editing kawan, dan kemampuan video editing disini memang tuntutan bagi seorang digital marketer.

Maka, nggak ada salahnya kawan untuk belajar membuat konten yang menarik dengan cara belajar video editing dan Kursus Video Editing untuk meningkatkan kemampuan digital marketing yang kita miliki. Lalu dimana tempat kursus yang recommended? Tenang saja kawan, sekarang sudah ada yang namanya DUMET School yang dapat membantu kita membuat konten Youtube yang menarik dan keren.



Jadi, DUMET School adalah sebuah tempat kursus yang memberikan beberapa materi mengenai Motion Graphic dengan menggunakan Software After Effect, sehingga kita bisa belajar membuat bumper opening  video, media promosi berbasis video, CV interaktif, dan menggabungkan antara video dan foto menjadi satu. Di bawah ini salah satu contoh bumper opening  video.

Apa saja sih materi yang diberikan? Apakah biayanya mahal? Terus dimana lokasinya? Pasti kalian memiliki pertanyaan seperti itu kan? Hehehe, nih aku jabarin deh supaya kalian semua jago dalam digital marketing.



Materi dan harga yang diberikan oleh DUMET School cukup terjangkau dan worth it banget kawan. Selain membantu kita dalam dunia digital marketing, kursus video editing pun memiliki berbagai manfaat lain seperti increase our knowledge di bidang teknologi.


Pasti kalian penasaran kan mengapa harus kursus di DUMET School? Pastinya hanya DUMET School yang memiliki jadwal fleksibel karena kita bebas memilih jam kursus, kursus di DUMET School juga ibarat semi private kawan karena walaupun hanya satu muridpun kelas tetap di mulai, periode kursus tidak dibatasi oleh waktu, dan gratis konsultasi setelah kita lulus.


Luar biasa banget kan kursus di DUMET School? Yup, kalian bisa kursus di beberapa lokasi yang ada di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok kawan, bahkan kalian bisa mencoba kelas gratisnya lho. 

Keuntungan Belajar Video Editing 

Nah, keuntungan yang akan didapat ketika kita menguasai video editing itu banyak banget kawan, apalagi bagi kita seorang digital marketer ataupun seorang entrepreneur yang ingin memasarkan produknya dengan cara yang kekinian.

Lalu apa saja sih keuntungannya? Jadi, keuntungan belajar video editing untuk digital marketing diantaranya adalah : 
  • Menghasilkan Video Promosi Menarik
  • Mengundang Viewer untuk Melihat Video kita
  • Penjualan Meningkat Sehingga Keuntungan Bertambah
  • Pemasaran Lebih Luas dan Lebih Efektif
  • Sesuai Target Market yang Akan Kita Tuju

Sudah tahu kan bahwa solusi pemasaran di era digital saat ini adalah digital marketing? Sepertinya aku juga harus memasarkan produk desainku melalui Youtube agar lebih efektif dan pesanan desain semakin banyak.

Yuk, tingkatkan profit perusahaan dengan manfaatkan sosial media sebagai media promosi efektif di era digital. Asah kemampuan video editing bersama DUMET School dan kuasai pasar di era digital.

 

Kuasai Pasar dengan Strategi Digital Marketing di Era Digital

  1. Wah seru banget yah kak belajar tentang digital marketing, pastinya kita juga harus mengetahui cara2nya yess

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya kak,, makanya belajar sama dumetschool hehehe

      Delete
  2. Mantabbb kak, aku juga harus belajar digital marketing nih untuk bisnisku hehe

    ReplyDelete
  3. mantabbb dumet yah bos hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat bagus dumet,aku juga jdi pengen hehe

      Delete
  4. Sebenernya kepengin banget jadi yuotuber, gajinya gede, tapi saya gak mau gagal fokus jadi penulis. Tapi saya senang juga edit video, buat melengkapi tulisan biar lebih hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantap kang amir, aku juga pengen tpi edit videonya blm bisa heheh

      Delete